Rabu, 30 November 2016

CONTOH PLATFORM E-BOOK



Paradigma dunia perpustakaan sudah berubah dari perpustakaan yang hanya menyediakan buku dalam bentuk manual menjadi buku elektronik. Banyak perpustakaan yang sudah menyediakan buku dalam bentuk elektronik, mereka bekerjasama dengan pihak ke tiga yang menyediakan platform buku digital (e-book). Dan sekarang di ranah industri penerbitan Indonesia, platform buku digital sedang menggeliat dan menjadi sebuah tren yang terus bertumbuh. Mereka bekerja sama dengan penerbit buku, menyediakan buku atau majalah digital, dan memungkinkan orang-orang untuk membeli buku dan majalah digital tersebut. Berikut adalah contoh aplikasi dan platform e-book

1. BSE (Buku Sekolah Elektronik)
Developer aplikasi mobile Mahoni membuat BSE, sebuah aplikasi yang menyediakan sekitar 1.300 e-book yang dapat didownload secara gratis. Sejak diluncurkan pada tanggal 15 Juli (hari pertama tahun ajaran baru di Indonesia) lalu, sebanyak 20.000 e-book BSE didownload tiap harinya.
2. BukuOn
BukuOn merupakan toko buku digital baru di Indonesia yang diluncurkan oleh perusahaan telekomunikasi Indonesia Indosat Mega Media bekerjasama dengan inkubator teknologi Techbator. BukuOn menyediakan buku digital dari penerbit lokal maupun internasional. Saat ini, sudah tersedia sekitar 2.000 buku di BukuOn.
BukuTablet merupakan marketplace untuk buku digital di Indonesia yang menyediakan buku terbitan lebih dari 30 penerbit di Indonesia dan juga dari anggotanya yang menulis dan mengirimkan karya mereka.
IndoBooks merupakan sebuah aplikasi e-reader Android yang dikembangkan oleh produsen handphone Indonesia, Cyrus. Aplikasi ini menyediakan bermacam-macam majalah, buku, dan media cetak lain seperti Trax magazine, Tempo, Tribun, dan Hello Indonesia.

5. Qbaca
Qbaca merupakan toko buku digital milik perusahaan telekomunikasi Indonesia Telkom yang menyediakan buku digital dalam beragam kategori seperti bisnis, teknologi, dan keluarga. Qbaca mengklaim hanya menyediakan buku yang mendidik dengan kualitas bagus.
6. Scoop
Scoop merupakan aplikasi e-reader yang dikembangkan oleh startup asal Indonesia App Foundry. Aplikasi ini menyediakan majalah dan buku digital  bagi para penggunanya untuk didownload dan dibaca. Scoop menyediakan majalah terbitan lokal dan internasional seperti Cosmopolitan, Esquire Philippines, dan India Today. Saat ini ada sekitar 25 kategori majalah di Scoop.
Selain menyediakan e-book gratis di BSE, Mahoni juga mengembangkan aplikasi e-reader Toko Buku untuk e-book berbayar. Pengguna dapat membeli buku digital dengan berbagai macam kategori seperti novel, textbook, dan buku tentang masakan. Sembari membaca buku, pengguna juga dapat membuat catatan dan browsing.
WayangForce merupakan platform e-reading dan e-book yang dikembangkan oleh developer lokal Indonesia PhaseDev. Platform ini menyediakan majalah, buku, dan berita lokal Indonesia dalam bentuk digital untuk penggunanya. WayangForce juga menawarkan penerbitan e-book, sehingga semua orang dapat menerbitkan buku mereka di platform ini.
Sumber:
Noviandri, lina. 2013. 8 aplikasi dan platform e-book di Indonesia. (online). https://id.techinasia.com/8-aplikasi-dan-platform-ebook-di-indonesia-2. Diakses tanggal 29 November 2016.
Hanamera. 2014. Kumpulan Situs Penyedia Ebook Terbaik dan Terlengkap. (online). http://hanamera.com/2014/10/kumpulan-situs-penyedia-ebook-terbaik-dan-terlengkap/. Diakses tanggal 29 November 2016.
Ebta. 2009 Ebook PDF Gratis Panduan Keamanan Data dan Komputer. (online). http://ebsoft.web.id/ebook-pdf-gratis-panduan-keamanan-data-dan-komputer/. Diakses tanggal 29 November 2016.
Pramana, Jaka. 2014. Download e-book atau modul. (online). http://www.jakapramana.com/2016/03/download-ebook-moduldiktat-kriptografi.html. Diakses tanggal 29 November 2016.

Dosen Pengampu: 1. Eka Ratri Noor W. S. Si., M. Si., M. Sc.
                               2. Pitoyo Widhi Atmoko, M. Si
Nama: Umi Jariyah (153141614111010)

Halaman disarankan:
2. Macam-macam Software Recovery Data
3. Internet 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar